Pages

Tentang Strategi Pemasaran


Dalam dunia bisnis, pemasaran menjadi ujung tombak, tanpa adanya manajemen pemasaran yang baik rasanya sulit bagi bisnis apapun untuk bertahan dan berkembang. Ketatnya persaingan sudah menjadi hal yang lumrah, namun untuk memenangkan persaingan di benak konsumen merupakan suatu hal yang sulit dan perlu strategi. Untuk itulah dibutuhkan adanya strategi pemasaran yang handal untuk menjadi nomor satu di hati konsumen.

Tak pelak lagi strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu dalam prosesnya pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan konsumen dengan tujuan sebagai berikut:


  1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.


Banyak faktor yang mempengaruhi penerapan dari strategi pemasaran antara lain seperti berikut:
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Sementara dari sudut penjual atau produsen yaitu :
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).

Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).

Faktor-faktor inilah bila bisa dipertemukan akan menghasilkan pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih jauh lagi adalah dapat terpenuhinya kepuasan konsumen, loyalitas serta komitmen terhadap perusahaan atau merek yang dibangun perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar