Pages

Pengertian Marketing atau Pemasaran


Sering kita mendengar dari orang-orang disekitar kita kata “Marketing” atau “Pemasaran”. Media pun  baik di offline atau online sering juga menggunakan kata-kata tersebut. Namun tahukah Anda secara persis makna kata “Marketing” atau “Pemasaran” tersebut?

Nah dalam kesempatan ini melalui blog “Ruang Marketing” saya ingin menyampaikan berbagai informasi, artikel atau apapun mengenai “Marketing”.  Ok langsung saja ya.




Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, Jika kita dahaga, maka membutuhkan air minum untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jika ada segelas air maka itu air itu akan dapat memenuhi rasa hausnya. Namun ada pilihan-pilihan air minum  bermerek seperti Aqua, Ades, Total, dan sebagainya. Berbagai informasi produk menjadi pertimbangan kita hingga sampai akhirnya memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi air minum yang dipilih.

Proses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Pemasar atau pihak yang memasarkan sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Sementara menurut pendapat pakar marketing yaitu Philip Kotler dalam bukunya “Marketing Management Analysis, Planning, and Control”, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

American Marketing Association menjelaskan Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai.

Dengan demikian nampak bahwa Marketing atau Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.


Sumber: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar